4 Pertimbangan Membeli Rumah Untuk Pasangan Yang Baru Menikah

13.37
4 Pertimbangan Membeli Rumah Untuk Pasangan Yang Baru Menikah

Membeli rumah memang bukan perkara yang mudah, mengingat membeli rumah di zaman sekarang ini membutuhkan dana yang cukup besar maka dari itu banyak dari developer property yang bekerja sama dengan bank rakyat Indonesia atau bank yang lainnya untuk melakukan KPR (kredit kepemilikan rumah). Biasanya sebagai pasangan yang baru menikah mereka sudah menghabiskan sejumlah budget yang di gunakan untuk keperluan akad dan resepsi, maka dari itu untuk orang-orang yang baru menikah membutuhkan beberapa perencanaan dan pertimbangan yang matang sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Lalu apa saja pertimbangan hal tersebut?

1. Budget Planning

Ini adalah faktor yang paling penting yang menjadi pertimbangan anda. Jauh sebelum anda mengeluarkan dana anda untuk pernikahan ada baiknya ada faktor lain yang harus di pertimbangkan yaitu membeli rumah, paling tidak anda dapat memperkirakan biaya DP dan kemampuan bayar tiap bulan. Hal ini dilakukan agar keputusan membeli rumah tidak membebani kondisi finansial untuk memenuhi kebutuhan pokok, maupun kebutuhan lain seperti service kulkas dan perawatan furniture lainnya yang membutuhkan.

2. Mengetahui Skema Pembayaran

Ada beberapa cara yang dapat diambil untuk membeli rumah, tiap developer properti biasanya memiliki skemanya masing-masing akan tetapi dua cara ini adalah skema yang paling umum dilakukan yaitu:

- Hard Cash

Membeli rumah secara cash dengan sekali bayar atau paling lambat satu bulan setelah anda dan pihak developer properti memiliki kesepakatan dalam membeli rumah. Dalam metode ini biasanya anda mendapatkan diskon sekitar 10-15% dari harga awal dan anda tidak perlu melakukan cicilan lagi tiap bulannya.

- Cash Installment

Dalam metode ini pada dasarnya anda membeli rumah tersebut dengan cara cash, akan tetapi anda di berikan tenggang waktu cicilan sekitar 6-24 bulan di hitung dari anda melakukan kesepakatan dengan pihak developer.

- KPR (kredit kepemilikan rumah)

Untuk metode ini berarti anda bekerja sama dengan pihak developer properti melakukan pinjaman uang dan kredit melalui bank. Biasanya pihak bank mensyaratkan angsuran KPR per bulan maksimal sebesar 30% penghasilan bersih pribadi maupun gabungan antara suami dan istri. Ini bisa kamu jadikan patokan untuk batas kemampuan bayarmu dan alokasi budgetmu setelah menikah.

3. Lokasi

Pastikan lokasi yang anda pilih strategis dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilihlah lokasi yang dekat dengan tempat Anda bekerja, dekat dengan pelayanan publik, aman dari banjir dan memiliki one gate system agar lingkungan rumah anda lebih aman.

4. Pilih Developer Properti yang Terpercaya

Setelah Anda memiliki beberapa pertimbangan lain di atas, Anda dapat mencari developer properti yang dapat di percaya, bagaimana caranya? Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang developer yang akan anda pilih dari berapa projek yang sudah mereka selesaikan, testimonial pelanggan dan lain sebagainya. Banyak sekali developer properti yang kurang memumpuni sehingga mengakibatkan projek yang mereka jalani “mangkrak” alias gagal.

Itu adalah beberapa hal yang perlu di pertimbangkan bagi para pasangan yang baru menikah sebelum membeli rumah pertama mereka. Pertimbangkan pula fasilitas di sekitar rumah tersebut seperti apakah mesin trafo yang tersedia selalu di rawat secara berkala menggunakan jasa purifikasi oli trafo.

0 komentar